Kita tahu bahwa dalam perkembangannya, kasus yang dihadapi oleh konseli dalam proses konseling semakin dinamis dan kompleks. Peranan seorang konselor dalam membantu menyelesaikan permasalahan konseli menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, hal ini berkaitan dengan cara atau pendekatan yang digunakan oleh konselor dalam proses konseling. Berikut ini adalah contoh verbatim tentang kasus DI (Decision Making for Interview).
Nama : Andreas
Purbo A.P
Kelas : 2015 A
NIM :
151114039
VERBATIM
TEKNIK-TEKNIK KONSELING
1.
FASE PEMBUKAAN
NO.
|
SUBJEK
|
PERCAKAPAN
|
1.
|
Ki
|
“Selamat
siang, Pak.”
|
2.
|
Ko
|
“Selamat
siang, Eno.”
|
3.
|
Ki
|
“Bolehkah
saya mengganggu kesibukan Bapak?”
|
4.
|
Ko
|
“Tentu saja boleh Eno.”
|
5.
|
Ki
|
“Ada yang ingin saya bicarakan dengan
Bapak. Apakah Bapak ada waktu?”
|
6.
|
Ko
|
“Oh.. Tentu saja Eno. Duduklah dulu.”
|
7.
|
Ki
|
“Terimakasih Pak.”
|
8.
|
Ko
|
“Apa kabarmu hari ini Eno?”
|
9.
|
Ki
|
“Puji Tuhan, saya sehat, Pak. Bagaimana
dengan Bapak?”
|
10.
|
Ko
|
“Kabar Bapak juga baik-baik saja, Eno.”
|
11.
|
Ki
|
“Oke, Pak.”
|
12.
|
Ko
|
“Tadi pagi Bapak melihat kamu sedang
berlatih basket di lapangan belakang. Kamu terlihat sangat bersemangat sekali
saat latihan. Semoga kamu dan teman-teman bisa mewakili sekolah kita dalam
lomba basket antar SMA bulan depan.”
|
13.
|
Ki
|
“Iya Pak, saya memang sangat suka
olahraga basket. Kemudian saya ditunjuk untuk bergabung dengan tim ini. Saya
merasa senang dan semangat dalam setiap sesi latihan. Apalagi saat ini saya
sudah kelas XII dan mungkin ini adalah lomba terakhir yang bisa saya ikuti
sebelum saya akhirnya lulus Semoga saya dan teman-teman bisa memberikan hasil
yang terbaik untuk sekolah ini.”
|
14.
|
Ko
|
“Syukurlah
kalau begitu. Bapak akan mendukungmu untuk terus berprestasi Eno.”
|
15.
|
Ki
|
“Terimakasih Pak atas dukungannya. Tapi
Pak, sebenarnya saya datang kesini tidak untuk membicarakan tentang basket.
Ada satu hal yang membuat saya akhir-akhir ini menjadi sangat resah Pak.”
|
16.
|
Ko
|
“Oh, begitu... Tadi Eno mengatakan bahwa
ada hal yang membuatmu akhir-akhir ini resah. Mungkin bisa kamu ceritakan
kepada Bapak.”
|
2. FASE PENJELASAN MASALAH
NO.
|
SUBJEK
|
PERCAKAPAN
|
17.
|
Ki
|
“Ya seperti itu Pak. Saya jadi galau
akhir-akhir ini. Saya jadi tidak tenang dan tidak konsentrasi kala belajar.”
|
18.
|
Ko
|
“Oh, demikian... Hal itu sampai membuatmu
tidak fokus saat belajar. Kamu menjadi galau akhir-akhir ini.”
|
19.
|
Ki
|
“Ya memang demikian Pak.”
|
20.
|
Ko
|
“Adakah sesuatu yang menimbulkan masalah
ini?”
|
21.
|
Ki
|
“Ada, Pak. Dua minggu yang lalu hubungan
saya dan pacar saya telah berakhir. Saya jadi merasa kehilangan sesuatu pada
diri saya Pak.”
|
22.
|
Ko
|
“hmm... kamu merasa seperti ada yang
hilang dari dirimu. Bagaimanakah kiranya keadaanmu sehingga kamu merasa demikian?”
|
23.
|
Ki
|
“Saya kini merasa bingung, Pak.”
|
24.
|
Ko
|
“Merasa bingung?”
|
25.
|
Ki
|
“Iya
Pak.”
|
26.
|
Ko
|
“Bisa
kamu jelaskan kepada Bapak?”
|
27.
|
Ki
|
“Begini, Pak. Setelah saya putus dengan
pacar saya, saya merasa galau dan gelisah Pak. Tapi saya sudah bisa menerima
keputusannya mengapa dia memutuskan agar hubungan kami berakhir. Saya menjadi
galau dan gelisah karena bulan depan sudah memasuki masa ujian akhir semester
satu. Kemudian dilanjutkan dengan try out persiapan ujian nasional. Saya
khawatir dengan keadaan saya yang seperti ini, saya jadi tidak bisa maksimal
dalam belajar Pak.”
|
28.
|
Ko
|
“Oh.. Begitu. Jadi, kamu khawatir
belajarmu tidak akan maksimal. Demikian ?”
|
29.
|
Ki
|
“Iyaa.. begitu, Pak.”
|
3. FASE PENGGALIAN LATAR
BELAKANG MASALAH
NO.
|
SUBJEK
|
PERCAKAPAN
|
30.
|
Ko
|
“Coba kamu jelaskan lebih lanjut Eno.”
|
31.
|
Ki
|
“Putus dari pacar saya memang membuat
saya galau. Ada beberapa alasan mengapa saya menjadi galau Pak. Pertama, saya
merasa sayang kepadanya. Kemudian, dia selalu memberi semangat kepada saya
saat saya sedang down. Kami juga sering sharing dan bercerita bersama. Yang
paling membuat saya galau karena bersamanya, saya menjadi semangat dalam
belajar Pak apalagi sekarang sudah kelas XII.”
|
32.
|
Ko
|
“Oh, begitu... Dan sekarang, kamu merasa
takut kalau-kalau kamu tidak bisa belajar dengan maksimal dan akhirnya ujianmu jadi
terganggu?”
|
33.
|
Ki
|
“Benar sekali Pak. Saya sudah
merasakannya saat ini bahwa belajar menjadi sebuah kegiatan yang tidak mengasyikkan lagi.”
|
34.
|
Ko
|
“Tidak
mengasyikkan?”
|
35.
|
Ki
|
“Yaa..
Seperti itu Pak. Tidak semangat rasanya raga ini untuk belajar.”
|
36.
|
Ko
|
“Lalu
kalau kamu tidak mau belajar, bagaimana dengan ujianmu?”
|
37.
|
Ki
|
“Entah, Pak. Saya sadar ujian sudah
semakin dekat, tapi keadaan ini seperti membelenggu saya, Pak.”
|
38.
|
Ko
|
“Membelenggumu?”
|
39.
|
Ki
|
“Iyaa, Pak. Saya saya merasa terkurung
dalam keadaan ini dan seperti tidak tahu lagi
apa yang harus saya lakukan.”
|
40.
|
Ko
|
“Memang ini adalah keadaan yang sulit,
tidak hanya untukmu tapi juga orang lain yang mungkin berada dalam posisi
sepertimu.”
|
41.
|
Ki
|
“Benarkah demikian, Pak?”
|
42.
|
Ko
|
“Yaa.. tentu saja demikian!”
|
43.
|
Ki
|
“Berarti ada orang lain yang juga
merasakan seperti apa yang saya rasakan.”
|
44.
|
Ko
|
“Benar sekali, ada juga orang lain yang
demikian. Tapi sekarang kita fokus saja kepada masalahmu ini.”
|
45.
|
Ki
|
“Baik, Pak.”
|
46.
|
Ko
|
“Bolehkah
Bapak bertanya sesuatu Eno?”
|
47.
|
Ki
|
“Bapak
mau tanya apa?”
|
48.
|
Ko
|
“Bapak ingin menanyakan, apakah kamu
menyadari bahwa pemikiranmu yang seperti itu menjadi masalah bagimu?”
|
49.
|
Ki
|
“Iya, Pak. Saya sadar bahwa semua ini
salah dan tidak sesuai dengan apa yang seharusnya terjadi.”
|
50.
|
Ko
|
“Bagus, Eno. Kamu telah menyadari bahwa
ini adalah salah dan tidak sesuai dengan apa yang seharusnya terjadi.”
|
51.
|
Ki
|
“Iya, Pak.”
|
52.
|
Ko
|
“Baiklah kalau begitu. Kalau saya
ringkas masalahnya: Eno sedang merasa galau dan gelisah karena beberapa waktu
yang lalu Eno putus dengan pacarmu. Maka kamu berpikir bahwa kamu tidak bisa
belajar lagi dengan semangat. Padahal ujian akhir semester sudah dekat dan juga
try out persiapan ujian nasional sudah menanti. Eno juga sudah menyadari
bahwa ini semua tidak benar dan tidak sesuai dengan apa yang seharusnya
terjadi. Demikian?”
|
53
|
Ki
|
“Betul demikian, Pak. Saya ingin
mendapat pengarahan dari Bapak agar saya bisa mengatasi masalah saya ini.”
|
54
|
Ko
|
“Jadi kamu ingin benar-benar keluar dari
masalahmu ini Eno?”
|
55.
|
Ki
|
“Ya, Pak.”
|
56.
|
Ko
|
“Baiklah kalau begitu. Sekarang mari
kita bersama-sama mencari solusi untuk masalahmu ini.”
|
57.
|
Ki
|
“Terimakasih, Pak.”
|
4.
FASE PENYELESAIAN MASALAH
NO.
|
SUBJEK
|
PERCAKAPAN
|
58.
|
Ko
|
“Dalam kasus seperti ini, memang sering
kali seseorang menjadi berpikir negatif pada dirinya sendiri. Padahal setiap masalah itu
pasti ada jalan keluarnya. Masalah seperti yang Eno sekarang alami contohnya.
Eno menjadi berpikir yang negatif saat ini. Kamu berpikir bahwa dirimu tidak
bisa belajar tanpa pacarmu yang dulu. Sehingga setelah putus, dirimu tidak
bersemangat untuk belajar.”
|
59.
|
Ki
|
“Ya, seperti itulah Pak yang saya rasakan.”
|
60.
|
Ko
|
“Sekarang kamu ingin mengatasi masalahmu
ini kan?”
|
61.
|
Ki
|
“Iya, Pak. Saya sangat ingin.”
|
62.
|
Ko
|
“Sekarang, coba kamu ubah pikiranmu yang
irasional tersebut menjadi pikiran yang rasional!”
|
63.
|
Ki
|
“Bagaimana caranya Pak?”
|
64.
|
Ko
|
“Begini Eno, pikiranmu yang irasional
itu adalah bahwa kamu berpikir kamu tidak bisa belajar dengan baik setelah
tidak bersama dengan pacarmu yang dulu. Demikian?”
|
65.
|
Ki
|
“Iyaa benar sekali Pak.”
|
66.
|
Ko
|
“Sekarang mari kita ubah bersama hal
itu. Bapak ingin kita untuk meninjau kembali bahwa pikiranmu yang sekarang adalah pikiran
yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya kamu pikirkan.”
|
67.
|
Ki
|
“Baiklah Pak.”
|
68.
|
Ko.
|
“Apakah kamu yakin bahwa kamu tidak bisa
belajar tanpa mantan pacarmu?”
|
69.
|
Ki
|
“Ehm...” (terdiam)
|
70.
|
Ko
|
“Apakah setelah putus kamu jadi benar-benar
tidak bisa belajar?”
|
71.
|
Ki
|
“Ya, saya tetap bisa bisa belajar Pak.”
|
72.
|
Ko
|
“Apakah belajar hanya ditentukan oleh keberadaan
mantan pacarmu saja?”
|
73.
|
Ki
|
“Menurut saya tidak Pak!”
|
74.
|
Ko
|
“Adakah hal lain yang bisa membuatmu
kembali bersemangat?”
|
75.
|
Ki
|
“Ehm... (terdiam)
|
76.
|
Ko
|
“Sekarang coba kamu bayangkan kedua
orang tuamu Eno!”
|
77.
|
Ki
|
“Baiklah, Pak.”
|
78.
|
Ko
|
“Coba kamu bayangkan senyuman kedua
orang tua mu ketika melihatmu berangkat ke sekolah. Bayangkan mereka yang
telah berusaha untuk membiayaimu sampai saat ini. Lihatlah betapa besar
harapan mereka kepadamu Eno.”
|
79.
|
Ki
|
“Iya, Pak. Benar apa yang Bapak
katakan.”
|
80.
|
Ko
|
“Apakah putus dengan pacarmu mengalahkan
besarnya harapan kedua orang tuamu kepadamu?”
|
81.
|
Ki
|
“Tidak, Pak.”
|
82
|
Ko
|
“Lalu apa yang ada dipikiranmu saat ini?”
|
83.
|
Ki
|
“Saya kini menjadi lebih sadar Pak,
bahwa semestinya saya bisa belajar dengan semangat walau saya baru putus
dengan mantan pacar saya. Saya kini sadar bahwa masih ada orang tua saya yang
memberikan harapannya yang besar dalam diri saya.”
|
84.
|
Ko
|
“Kamu yakin itu?”
|
85.
|
Ki
|
“Iyaa, saya yakin Pak.”
|
86.
|
Ko
|
“Sekarang apa yang kamu rasakan?”
|
87.
|
Ki
|
“Kini, saya menjadi lebih terang lagi
Pak. Saya juga yakin bahwa saya bisa kembali bersemangat dalam belajar.”
|
88.
|
Ko
|
“Bapak senang dengan pemikiranmu Eno.
Kamu cepat sekali menyadari ketidakbenaran dalam pemikiranmu dan sekarang kamu
sudah berhasil mengubahnya.”
|
89.
|
Ki
|
“Terimakasih, Pak.”
|
90.
|
Ko
|
“Sama-sama Eno. Sekarang, apakah kamu
sudah mendapat gambaran tentang dirimu kedepan akan seperti apa?”
|
91.
|
Ki
|
“Sudah, Pak.”
|
92.
|
Ko
|
“Bisa kamu katakan itu?”
|
93.
|
Ki
|
“Sekarang saya sudah punya gambaran
bahwa saya seharusnya bisa tetap belajar dengan semangat walau saya putus dengan
mantan pacar saya. Saya kini sadar bahwa belajar demi ujian di depan mata
adalah kewajiban yang utama bagi saya. Kini saya akan berubah dan berusaha
melupakan semua yang telah terjadi dan kembali belajar dengan giat karena
orang tua saya pasti mendukung saya.”
|
94.
|
Ko
|
“Coba kamu sebutkan hal konkret apa yang
akan kamu lakukan kedepannya, Eno!”
|
95.
|
Ki
|
“Pertama, saya anggap masalah ini sudah
selesai, Pak. Saya akan mulai kembali belajar dengan giat. Karena belajar
adalah kebutuhan saya. Saya bisa berhasil karena saya mau berusaha dan
bekerja keras.”
|
96.
|
Ko
|
“Wah.. bagus sekali Eno. Bapak bangga
kepadamu.”
|
97.
|
Ki
|
“Terimakasih, Pak.”
|
98.
|
Ko
|
“Sama-sama Eno. Adakah hal lain yang
masih ingin kamu selesaikan?”
|
99.
|
Ki
|
“Ehm.. saya kira sudah cukup Pak.”
|
100.
|
Ko
|
“Baiklah kalau begitu, Bapak rasa
pertemuan kali ini cukup sampai disini.”
|
101.
|
Ki
|
“Oh.. Baiklah, Pak.”
|
5.
FASE PENUTUP
NO.
|
SUBJEK
|
PERCAKAPAN
|
102.
|
Ko
|
“Apabila sudah tidak ada lagi hal yang
ingin kamu tanyakan, sekarang kita akhiri saja pertemuan kali ini.”
|
103.
|
Ki
|
“Baiklah, Pak.”
|
104.
|
Ko
|
“Bapak yakin kepadamu kalau kamu itu
bisa semangat lagi Eno.”
|
105.
|
Ki
|
“Terimakasih banyak Pak.”
|
106.
|
Ko
|
“Apabila kamu masih ingin membicarakan
hal ini kembali dengan Bapak, kamu bisa datang keruangan Bapak.”
|
107.
|
Ki
|
“Sungguh Pak?”
|
108.
|
Ko
|
“Iyaa... Eno, kamu bisa hubungi Bapak
lagi jika memang kamu ingin menanyakan suatu hal.”
|
109.
|
Ki
|
“Baiklah, Pak. Nanti saya akan hubungi
Bapak jika saya merasa butuh bantuan.”
|
110.
|
Ko
|
“Siip.. Eno.”
|
111.
|
Ki
|
“Baiklah, Pak. Saya permisi dulu Pak.”
|
112.
|
Ko
|
“Iyaa... tetap tersenyum ya Eno.”
|
113.
|
Ki
|
“Iyaa, Pak. Hehehehe...
|
114.
|
Ko
|
“Hehehehehe...”
|
115.
|
Ki
|
“Selamat siang Pak, permisi.”
|
116.
|
Ko
|
“Iyaa, selamat siang juga.. hati-hati
yaa.”
|
Komentar
Posting Komentar